Cara Menambahkan Video ke Playlist YouTube

selvicoltura.org – Cara Menambahkan Video ke Playlist YouTube Halo Gan! Apakah kamu tahu bahwa kamu bisa mengatur video favoritmu menjadi playlist di YouTube? Dengan menambahkan video ke playlist, kamu dapat mengatur dan mengelompokkan video sesuai dengan tema atau kategori yang kamu inginkan. Menambahkan video ke playlist juga dapat membantu kamu mengakses video secara mudah dan membagikannya dengan teman-temanmu. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas secara detail tentang cara menambahkan video ke playlist di YouTube. Simak terus ya!

Sebelum kita memulai, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui tentang cara menambahkan video ke playlist di YouTube. Mari kita bahas satu per satu.

Membuat Playlist Baru

Pertama-tama, kita akan memulai dengan langkah-langkah untuk membuat playlist baru di YouTube. Playlist memungkinkan Anda mengelompokkan video berdasarkan tema atau topik tertentu, sehingga pemirsa dapat dengan mudah menemukan dan menikmati serangkaian video terkait. Inilah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Masuk ke Akun YouTube Sebelum Anda dapat membuat playlist, pastikan Anda masuk ke akun YouTube Anda. Jika Anda belum masuk, carilah tombol “Masuk” di sudut kanan atas layar dan masuk menggunakan akun Google Anda.

Langkah 2: Buka “Daftar Putar” Anda Setelah Anda masuk, buka menu navigasi di sudut kiri atas layar dengan mengklik tiga garis horizontal. Di sini, cari opsi “Daftar Putar” dan klik.

Langkah 3: Buat Playlist Baru Ketika Anda berada di halaman “Daftar Putar,” Anda akan melihat tombol “Buat Daftar Putar Baru.” Klik tombol ini untuk memulai proses pembuatan playlist.

Memberi Judul dan Deskripsi pada Playlist Setelah Anda mengklik “Buat Daftar Putar Baru,” Anda akan diminta memberi nama playlist Anda. Pastikan untuk memilih judul yang deskriptif agar pemirsa dapat memahami apa yang akan mereka temukan di dalamnya. Selain itu, Anda dapat menambahkan deskripsi playlist untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang isi playlist.

Menyesuaikan Pengaturan Playlist Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan playlist seperti kebijakan privasi. Anda dapat memilih antara playlist “Publik,” “Pribadi,” atau “Tidak Terdaftar.” Playlist publik dapat ditemukan oleh siapa pun, playlist pribadi hanya bisa diakses oleh Anda, dan playlist tidak terdaftar hanya dapat dilihat oleh orang yang memiliki tautan khusus. Pilihlah pengaturan yang sesuai untuk playlist Anda.

Kelebihan Menambahkan Video ke Playlist YouTube

1. Organisasi yang Lebih Baik: Dengan menambahkan video ke playlist, kamu bisa mengatur video sesuai dengan berbagai topik atau kategori yang sesuai dengan minatmu. Ini akan membantu kamu dalam mengorganisasi video favoritmu dengan lebih baik.

2. Kemudahan Akses: Setelah kamu menambahkan video ke playlist, kamu bisa dengan mudah mengakses semua video tersebut melalui playlist yang telah kamu buat. Tidak perlu lagi mencari video satu per satu, karena semuanya sudah tertata rapi dalam satu tempat.

3. Pemutaran Otomatis: Jika kamu memutar playlist di YouTube, maka semua video dalam playlist tersebut akan diputar secara berurutan tanpa perlu kamu klik pada setiap video. Hal ini sangat memudahkan kamu dalam menikmati konten video secara terus-menerus tanpa harus repot mencari dan memutar video secara manual.

Mengurutkan dan Mengedit Playlist

Setelah Anda berhasil membuat playlist, langkah selanjutnya adalah mengatur urutan video dalam playlist dan melakukan editing jika diperlukan. Ini adalah langkah penting untuk memastikan playlist Anda memiliki aliran yang mulus dan memuaskan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Mengurutkan Video dalam Playlist Setelah Anda memasukkan beberapa video ke dalam playlist, Anda mungkin ingin mengatur urutan mereka. Untuk melakukannya:

  • Di halaman playlist, klik “Urutkan” di bagian atas playlist Anda. Anda akan diberi beberapa opsi pengurutan, seperti “Paling Populer,” “Terbaru,” atau “A-Z.” Pilih opsi yang sesuai dengan preferensi Anda.
  • Anda juga dapat menggeser video untuk mengatur urutan secara manual. Cukup klik dan tahan video, lalu geser ke posisi yang Anda inginkan dalam playlist.

Langkah 2: Menghapus atau Menyembunyikan Video Jika ada video dalam playlist yang ingin Anda hapus atau sembunyikan, berikut caranya:

  • Di halaman playlist, arahkan kursor ke video yang ingin Anda hapus atau sembunyikan. Anda akan melihat ikon tiga titik vertikal (tindakan) di sudut kanan video. Klik ikon ini.
  • Pilih opsi “Hapus dari playlist” jika Anda ingin menghapus video dari playlist secara permanen. Pilih opsi “Sembunyikan video” jika Anda hanya ingin menyembunyikannya dari playlist, tetapi tidak menghapusnya dari akun Anda.

Langkah 3: Menyunting Judul dan Deskripsi Playlist Anda juga dapat mengedit judul dan deskripsi playlist jika Anda ingin membuat perubahan atau menambahkan informasi tambahan. Untuk melakukannya:

  • Di halaman playlist, klik “Edit Playlist” di bagian atas playlist Anda. Ini akan membuka mode pengeditan.
  • Di sini, Anda dapat mengganti judul playlist, mengubah deskripsi, atau mengedit pengaturan privasi sesuai kebutuhan. Pastikan untuk menyimpan perubahan Anda setelah selesai.

Sekarang, playlist Anda telah diurutkan dan diedit sesuai keinginan Anda. Hal ini akan memastikan bahwa playlist memberikan pengalaman yang optimal bagi pemirsa Anda.

Kesimpulan

Menggunakan playlist di YouTube adalah cara yang cerdas dan efektif untuk mengatur dan membagikan konten video Anda. Dengan panduan ini, Anda telah mempelajari langkah-langkah penting untuk membuat playlist, menambahkan video ke dalamnya, mengurutkan video, dan mengedit playlist sesuai keinginan Anda.

Playlist membantu Anda memberikan pengalaman yang lebih terstruktur dan menarik bagi pemirsa Anda. Anda dapat mengelompokkan video berdasarkan tema, topik, atau bahkan urutan cerita yang membuat pengalaman menonton semakin memuaskan.

Ingatlah untuk selalu mempertimbangkan privasi dan pengaturan pengeditan dalam playlist Anda. Anda dapat mengatur playlist sebagai publik, pribadi, atau tidak terdaftar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terlebih lagi, playlist adalah alat yang efektif untuk mempromosikan konten Anda dan menjadwalkan konten untuk rilis. Ini membuka peluang kolaborasi dengan sesama YouTuber dan mengoptimalkan pengalaman penonton Anda.